Tuesday, April 26, 2011

Jarak Titik, Garis dan Bidang

Kompetensi Dasar 6.2.
Menentukan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga

Pengertian:
Jarak adalah garis hubung terpendek antara dua hal.

1. Jarak antara dua titik

2. Jarak titik ke garis

3. Jarak dua garis sejajar

4. Jarak titik ke bidang

5. Jarak garis ke bidang
Syarat: Garis dan bidang harus sejajar

6. Jarak antara dua bidang

7. Jarak dua garis bersilangan

Contoh soal:
Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 6 cm. P titik potong diagonal atas. Tentukan jarak:
a. Titik P dan titik B
b. Titik F ke garis AC
c. Titik C ke bidang BDG
d. Garis BC dan EH
e. BE ke CDHG
f. Bidang ABCD dan EFGH
Jawab:
a. Titik P dan titik B









b. Titik F ke garis AC
Jarak titik F ke garis AC = FO



c. Titik C ke bidang BDG
Jarak titik C ke BDG adalah AP


d. Garis BC dan EH
Jarak garis BC dan EH = BE


e. BE ke CDHG
Jarak BE ke CDHG = BC = 6 cm
f. Bidang ABCD dan EFGH
Jarak bidang ABCD dan EFGH = AE = 6 cm

Try This!
Diketahui kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 12 cm. Tentukan:
a. Jarak titik A ke BG
b. Jarak garis AC ke garis FH
c. Jarak garis AD ke garis EF
d. Jarak garis AH ke garis DF
e. Jarak bidang ABCD ke bidang EFGH
f. Jarak bidang ACH ke bidang BEG
g. Jarak garis AE ke bidang BDHF

19 comments:

Anonymous said...

Rizqi Wahyu L.S 24 X7
bu yg ini udah pernah jadi komentarnya gausah jawabannya ya bu..

nining said...

Komentar tidak harus menjawab, bisa memberikan masukan dan sebagainya.

Anonymous said...

Dewi Quraisin /08/x9

a. AB= 12cm
b. AE= 12cm
c. AE= 12cm
d. AO= 12akar dua : 2= 6 akar dua
e. AE= 12cm
f. jarak=1/3 x 12akar 3 = 4 ajar 3
g. AO= 1/2 x 12 akar 2 = 6 akar dua

SiNtia Cute said...

Indri Murti A 18 X9
Jawabannya ya bu :
a. 12 cm
b. 12 cm
c. 12 cm
d. 12 cm
e. 12 cm
f. 4 akar 3 cm
g. 6 akar 3 cm

Anonymous said...

DIAN WAHYU KEMALAPUTRI
X-9 / 09

Ini jawabannya bu :
a. 12 cm
b. 12 cm
c. 12 cm
d. 12 cm
e. 12 cm
f. 4 akar 3 cm
g. 6 akar 3 cm

terimakasih :)

nining said...

dian, indri komentarnya jangan sama ya? Tidak harus menjawab soal, memberi masukan juga boleh. Apa aja asal jangan sama.

Anonymous said...

DIAN WAHYU KEMALAPUTRI
X-9 / 09

bu nining sangat kreatif karena memberi tugas di blog seperti ini dan beda dari guru yang lain dan menurut saya ini sangat bagus dan menandakan inilah yang namanya RSBI :)

Fajar Rizky Firdaus (X-9) said...

Bu ibu , Contoh soal yang b
Disitu kan disuruh mencari jarak titik F ke Garis AC
Jarak titik F ke garis AC = FO

Garis FO tuh yang mana ya bu ?
kok disitu 6 akar 2 pangkat 2 - 3 akar 2 pangkat 2 ?

Saya kok 6 pangkat 2 + 3 akar 2 pangkat 2 ?

Memang hasilnya sama , yaitu 3 akar 6

Namun Darimana asalnya persamaan AC = FO ?

hehehe
maaf bu , maklum saya tidak begitu mengerti

nining said...

Iya fajar, kamu jeli juga ya? Memang biar lebih jelas harusnya disertai gambar. O itu titik tengah AC. Oke, besok saya sisipkan gambarnya. Terima kasih masukannya.

Anonymous said...

RAKA ADHI P
X-9
25

.Bu , materi jarak titik , garis dan bidang ini cukup menyulitkan saya
.Bahkan 2 kali ulangan pun saya masih bingung
.Beruntung pada saat UKK kemarin saya bisa

Anonymous said...

YONDIA V.S
X.7
31


bu, materi ini susah. udah belajar berkali-kali masih belum paham. hhe

bu Nining kalo ngajar enak, tapi kadang suka ngitung-ngitung sendiri, jadinya saya bingung ibu ngitungnya gimana. hhe
terus bu Nining kalo diluar jam pelajaran, kadang-kadang kalo disapa tidak dibalas. hhe

makasih yaa bu...
:)

nining said...

Yondia, masak sih begitu? hehe... Yang terpenting konsep harus jelas nok,kalo kurang jelas jangan malu untuk bertanya. Cara menghitung dari dulu sampe sekarang ya pakenya tambah kurang kali dan bagi. Biar cepat ngitungnya memang harus banyak2 latihan.
Kadang2 kalo lagi sibuk memang suka gak lihat kanan kiri,hehe.. maaf ya kalo gak bales sapaan.
Terima kasih semua masukannya.

Anonymous said...

ahmad roisul X7/01
materi ini menarik.. aku udah begitu mudeng(dikit2 hehe).. tapi untuk yang logika masih..???

Anonymous said...

ANGGI WIRAWARA R / X.7

materinya yang ini lumayan susah bu dibanding logika. hehe
tapi asyik buat dipelajari walaupun sdikit bingung. suka salah juga bnentuin garisnya

makasih bu.nining :)

Anonymous said...

ocfatinianingrum metri s / X.7

matematikanya lumayan sulit bu. tapi sdikit-sdikit saya mengerti materinya
makasih bu.nining

sarastiono said...

Kalau boleh tahu untuk memposting bidang yang bergerak pakai apa? salam kenalbu

Anonymous said...

ibu salam kenal,,, n trims buat blog ini sangat membantu saya,,,
kalo sy masih bingung mohon bantuannya bu,,,

agustina
bali

nining said...

Salam kenal balik,, ini adek siapa? Terima kasih insyaallah akan saya bantu sebisanya.

Anonymous said...

Kalau 2 garis yg tdak saling bersilangan maupun sejajar definisi jaraknya tu gmana bu?

Post a Comment

Blogger templates